Skip to main content

Virus Bikin Sakit Hati

Selamat datang kembali sahabat
Lebih dari dua pekan tulisan ini terlintas dalam benak penulis. Hanya baru sempat saya tuangkan dalam blog ini saat long weekend waisak. Sahabat, ijinkan saya memberi pertanyaan yang tidak perlu di jawab melalui Link komentar. "Apa yang paling membuat anda sakit hati?".

Jawabannya pasti tidak seragam, ada yang sakit hati bila dimarahi bos karena laporan tidak selesai. Ada yang sakit hati karena tidak boleh masuk ruang kuliah karena terlambat masuk. Ada yang sakit hati karena dikhianati.

Tapi untuk sakit hati yang satu ini pernahkah ada orang yang merasakan? Mungkin ya. karena sakit hati yang satu ini memiliki dua tanggapan ekstrim oleh orang yang mengalaminya. Apa itu? Virus....

Bukan virus flu burung, bukan virus flu babi, atau virus HIV (meskipun ada nama yang menyerupainya). Tapi virus komputer

Virus Komputer
Secara definisi virus adalah suatu perangkat lunak (yang berkode) biasanya bertugas menggandakan diri dan menyisipkan salinan dirinya kedalam media penyimpanan berupa kembaran data yang kita buat.
Selengkapnya baca http://id.wikipedia.org/wiki/Virus.

Dua Tanggapan 'Ekstrim'
Pertama, sebuah ungkapan yang cukup ektrim "Kalau sudah mengubungkan flashdisk ke warnet jang lagi dipakai, harus dibuang" ekstrim bukan?. Ekstrim lain adalah menutup semua lubang usb penghubung flashdisk di komputer pribadi atau laptop.
Kedua, bagi para ahli komputer secara ekstrim ada yang berkata "Jangan takut sama virus, karena virus komputer.. kan buatan manusia. Kalau kita takut sama virus komputer berarti kita takut sama manusia".
Jika diberi kesempatan untuk memilih dari dua tanggapan di atas, mana yang anda akan pilih?

Alternatif Tanggapan
Bagi anda yang tidak memilih dua tanggapan di atas cara berikut ini bisa menjadi alternatif tanggapan. Jika boleh dikatakan tips untuk mengatasi virus yang masih mungkin bisa diatasi.
1. Media penyimpanan yang cukup banyak digunakan banyak orang saat ini
adalah flash drive/disk. Untuk pertama menggunakan formatlah alat ini dengan
cara klik kanan format di jendela Windows Explorer (bagi pengguna Microsoft
Windows versi apa saja).
2. Pastikan bahwa kita mengenal data yang dibuat, jika ada data yang
mencurigakan atau merasa belum pernah membuat segera hapus dari
tempatnya
3. Perhatikan file autorun.inf dan recycler di flash disk, jika ada sebaiknya file
ini di hapus. Untuk cek file ini ada: Klik Tools > Folder Options > klik tab
View dan tandai Show hidden files and folders di Windows Explorer.
4. Kalau anda masih takut, coba install antivirus. tentu saja antivurus yang harus
selalu di update. atau anda cukup gunakan PCMAV-CLN dari majalah PC Media
yang menyertakannya dalam setiap edisi http://www.pcmedia.co.id/
5. Jika anda mau mencoba hal baru, silahkan klik Start menu > Run > ketik cmd
lalu klik ok mendapatkan command prompt. lalu cek flashdisk anda di drive
apa. Kemudian ketik "F:" jika flashdisk anda ada di drive F:
ketik attrib -h -s /s /d tekan enter
aktifitas di atas adalah aktifitas mengambalikan data tersembunyi yang
biasanya disembunyikan oleh virus. Setelah data tidak tersembunyi lagi

cek kembali drive flashdisk anda. Jika terdapat data yang berekstension
*.exe dan merasa tidak pernah membuatnya hapus data tersebut

Semoga tips di atas dapat mengobati sakit hati anda akibat virus yang menginfeksi komputer pribadi anda atau laptop anda. Silahkan kirim keluhan anda jika masih ada ke dananglagi.ah81@gmail.com atau di facebook saya dengan alamat email yang sama.

Comments

Popular posts from this blog

Acer Contact Center

Product Acer berupa laptop atau netbook dengan beragam ukuran layar, masih banyak diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Seperti yang pernah diposting sebelumnya dalam blog ini bahwa ACER CARE Mangga Dua Square dengan nomor telepon +6221 2650 7777 telah berganti menjadi Acer Contact Center dengan nomor telepon +6221 500 155. Terimakasih, sekian update dari danang4438. Semoga bermanfaat :)

Mencuci Mainboard

Perangkat keras komputer akan yang sering digunakan, akan mengalami kejenuhan atau mengalami kepenuhan muatan elektron. Mainboard atau papan utama adalah perangkat yang jika mengalami kerusakan, mungkin dapat diperbaiki dengan mengganti bagian yang rusak, namun boleh jadi ketika difungsikan kembali tidak dapat bekerja maksimal. Alternatif terakhir untuk 'menyembuhkan' mainboard dari sakitnya, yaitu dengan mencucinya. bagaimana selengkapnya?. Di sini dapat dibaca rincian artikelnya yang dibuat oleh Yohan Kusmintoro dari tabloid PCplus atau dapat di download file pdf-nya di sini atau di sini atau saksikan di youtube di sini

Manunggal Ing Kawulo Lan Bumi

dalam sebuah artikel di vivanews, terdapat pelajaran yang cukup berharga untuk dipelajari sebagai sebuah konsep pengobatan sederhana dan mudah ditemukan. artikel ini berjudul "Bersetubuh dengan Alam". Dengan penjelasan 'Sehatkan Jiwa Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern.' tulisan ini dibuat Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila pada Selasa, 4 Mei 2010, 15:14 WIB berikut narasinya VIVAnews - Alam menyediakan pengobatan alami yang murah meriah. Berada di alam seperti taman, kebun rumah, atau bahkan hutan membantu menjaga kesehatan mental.Banyak studi mengungkap, menghabiskan waktu dengan aktivitas di luar ruangan berdampak positif bagi pikiran. Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern. Tetapi, berapa banyak waktu yang diperlukan?Para peneliti mempelajari data pada 1.252 orang dari 10 studi terpisah di Inggris. Mereka menganalisis kegiatan luar seperti berjalan, berkebun, bersepeda, me