Skip to main content

Semangat yang Menyebabkan

Pagi siang sore malam. Satu aktifitas pasti dan terus berjalan sampai hari yang ditentukan. Bagi manusia seutuhnya, selalu memiliki kegiatan adalah keharusan, karena kegiatan mengindikasikan kehidupan. Hidup tanpa kegiatan akan dikategorikan kedalam pesakitan, dan pesakitan selalu dekat dengan akhir catatan kehidupan.

Kegiatan atau aktifitas butuh sumber energi. Mulai energi fisik, energi ruhani dan juga energi pikir. Sebab tanpa ketiga energi tersebut maka senantiasa kegiatan akan berwujud tanpa makna, bahkan boleh jadi tidak semangat menjalaninya.

Cukup menarik berbincang mengenai semangat, karena kata ini menyimpan misteri keanehan. Aneh, karena menasihatkannya kepada orang lain sangat leluasa, lalu realisasinya pasti terhambat oleh ajakan kemalasan yang menyerang dari dalam dan luar diri.

Seorang nabi benar yang bukan nabi palsu –yang  tidak hanya saja mengaku tanpa bukti kenabian–  pernah berkata ”Jika kamu bergaul dengan seorang pandai besi maka akan tertular wewangiannya, begitu pula jika bergaul dengan seorang penjual minyak wangi.

Ucapan beliau ini dapat diterjemahkan dalam konteks kekinian yang berhubungan dengan semangat, hukum sebab musabab akan berlaku. Bahasa jika maka akan memudahkan terjemahan.

Semangat yang berfluktuasi kadang naik kadang turun perlu distabilisasi dengan berkumpul dalam satu komunitas atau kelompok yang sejalan meskipun sesekali waktu. Semangat orang lain harus menyebabkan semangat kepada diri sendiri, karena dengan itu semangat yang luntur akan naik. Dengan melihat semangat orang lain yang memiliki latar belakang berbeda dapat dipastikan membuat berpikir untuk menyerupainya, meski harus disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Acer Contact Center

Product Acer berupa laptop atau netbook dengan beragam ukuran layar, masih banyak diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Seperti yang pernah diposting sebelumnya dalam blog ini bahwa ACER CARE Mangga Dua Square dengan nomor telepon +6221 2650 7777 telah berganti menjadi Acer Contact Center dengan nomor telepon +6221 500 155. Terimakasih, sekian update dari danang4438. Semoga bermanfaat :)

Mencuci Mainboard

Perangkat keras komputer akan yang sering digunakan, akan mengalami kejenuhan atau mengalami kepenuhan muatan elektron. Mainboard atau papan utama adalah perangkat yang jika mengalami kerusakan, mungkin dapat diperbaiki dengan mengganti bagian yang rusak, namun boleh jadi ketika difungsikan kembali tidak dapat bekerja maksimal. Alternatif terakhir untuk 'menyembuhkan' mainboard dari sakitnya, yaitu dengan mencucinya. bagaimana selengkapnya?. Di sini dapat dibaca rincian artikelnya yang dibuat oleh Yohan Kusmintoro dari tabloid PCplus atau dapat di download file pdf-nya di sini atau di sini atau saksikan di youtube di sini

Manunggal Ing Kawulo Lan Bumi

dalam sebuah artikel di vivanews, terdapat pelajaran yang cukup berharga untuk dipelajari sebagai sebuah konsep pengobatan sederhana dan mudah ditemukan. artikel ini berjudul "Bersetubuh dengan Alam". Dengan penjelasan 'Sehatkan Jiwa Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern.' tulisan ini dibuat Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila pada Selasa, 4 Mei 2010, 15:14 WIB berikut narasinya VIVAnews - Alam menyediakan pengobatan alami yang murah meriah. Berada di alam seperti taman, kebun rumah, atau bahkan hutan membantu menjaga kesehatan mental.Banyak studi mengungkap, menghabiskan waktu dengan aktivitas di luar ruangan berdampak positif bagi pikiran. Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern. Tetapi, berapa banyak waktu yang diperlukan?Para peneliti mempelajari data pada 1.252 orang dari 10 studi terpisah di Inggris. Mereka menganalisis kegiatan luar seperti berjalan, berkebun, bersepeda, me