Skip to main content

Amankah Pakai Deodoran Tiap Hari?

Berita dari detik.com
Jakarta,
Deodoran banyak dipakai untuk menghindari bau badan dan keringat berlebih di ketiak. Tapi ada beberapa orang yang khawatir penggunaan deodoran ini bisa menjadi racun bagi tubuh. Amankah menggunakan deodoran setiap hari?


Penggunaan deodoran umumnya sebagai pertahanan tubuh agar ketiak tidak basah atau menghindari bau keringat yang tidak menyenangkan akibat bakteri di dalam tubuh. Fungsi dari deodoran ini menghambat saluran keringat agar jumlah keringat yang dihasilkan lebih sedikit di daerah ketiak.

Salah satu bahan yang terkandung dalam deodoran untuk menghambat keringat berlebih adalah alumunium. Bahan ini juga bisa ditemukan dalam air minum atau peralatan memasak.

Dalam beberapa tahun terakhir, santer kabar bahwa alumunium dalam deodoran dapat diserap oleh tubuh dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan kanker payudara pada perempuan.

Senyawa alumunium seperti alumunium zirconium dan alumunium klorida memang mengandung estrogen yang dapat mendorong pertumbuhan jaringan kanker payudara. Ada kekhawatiran alumunium ini memiliki efek yang sama ketika diserap melalui kulit.

Sebuah studi pernah dilakukan pada tahun 2007 dengan menganalisis jaringan payudara dari 17 pasien kanker payudara dengan mengukur kandungan alumuniumnya.

Ditemukan kadar alumunium pada daerah luar payudara di dekat tempat deodoran dipakai memang lebih tinggi. Namun menurut American Cancer Society, sampai sejauh ini peneliti belum menemukan hubungan yang jelas antara alumunium dari deodoran dengan kanker payudara.

Sementara itu alumunium juga diketahui memiliki kontribusi yang potensial untuk penyakit Alzheimer. Meskipun alumunium seringkali dikaitkan dengan masalah otak pada penderita Alzheimer, tapi belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kaitannya dengan alumunium dalam deodoran.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Senin (11/1/2010), bahaya dari alumunium ini sangat nyata terutama pada orang yang memiliki masalah dengan fungsi ginjal. Sehingga bagi orang yang yang memiliki masalah dengan ginjal, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan deodoran.

Karena ditemukan alumunium diserap dari jalur pencernaan dan dapat menyebabkan penyakit tulang atau dialysis dementia. Alumunium yang diserap oleh tubuh, setengahnya akan diserap oleh tulang dalam waktu 2 jam saja sedangkan sisanya akan diekskresikan (dikeluarkan). Pada orang yang bermasalah dengan ginjalnya, maka proses ekskresi ini akan terganggu.

Masalah umum lainnya jika menggunakan deodoran terlalu sering adalah tubuh tidak bisa membuang limbahnya melalui kelenjar keringat akibat dihambat oleh deodoran, sehingga hal ini membuat ginjal dan hati bekerja keras untuk menyaring racun.

Meski belum ada bukti ilmiah bahwa deodoran bisa menyebabkan kanker payudara atau penyakit Alzheimer tapi sebaiknya cermatlah menggunakannya agar keringat dari dalam tubuh tidak terhambat terlalu banyak. Dan tak ada salahnya untuk menggunakan deodoran yang bebas dari alumunium.

Vera Farah Bararah
- detikHealth

Senin, 11/01/2010 18:00 WIB

Comments

Popular posts from this blog

Acer Contact Center

Product Acer berupa laptop atau netbook dengan beragam ukuran layar, masih banyak diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Seperti yang pernah diposting sebelumnya dalam blog ini bahwa ACER CARE Mangga Dua Square dengan nomor telepon +6221 2650 7777 telah berganti menjadi Acer Contact Center dengan nomor telepon +6221 500 155. Terimakasih, sekian update dari danang4438. Semoga bermanfaat :)

Mencuci Mainboard

Perangkat keras komputer akan yang sering digunakan, akan mengalami kejenuhan atau mengalami kepenuhan muatan elektron. Mainboard atau papan utama adalah perangkat yang jika mengalami kerusakan, mungkin dapat diperbaiki dengan mengganti bagian yang rusak, namun boleh jadi ketika difungsikan kembali tidak dapat bekerja maksimal. Alternatif terakhir untuk 'menyembuhkan' mainboard dari sakitnya, yaitu dengan mencucinya. bagaimana selengkapnya?. Di sini dapat dibaca rincian artikelnya yang dibuat oleh Yohan Kusmintoro dari tabloid PCplus atau dapat di download file pdf-nya di sini atau di sini atau saksikan di youtube di sini

Manunggal Ing Kawulo Lan Bumi

dalam sebuah artikel di vivanews, terdapat pelajaran yang cukup berharga untuk dipelajari sebagai sebuah konsep pengobatan sederhana dan mudah ditemukan. artikel ini berjudul "Bersetubuh dengan Alam". Dengan penjelasan 'Sehatkan Jiwa Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern.' tulisan ini dibuat Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila pada Selasa, 4 Mei 2010, 15:14 WIB berikut narasinya VIVAnews - Alam menyediakan pengobatan alami yang murah meriah. Berada di alam seperti taman, kebun rumah, atau bahkan hutan membantu menjaga kesehatan mental.Banyak studi mengungkap, menghabiskan waktu dengan aktivitas di luar ruangan berdampak positif bagi pikiran. Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern. Tetapi, berapa banyak waktu yang diperlukan?Para peneliti mempelajari data pada 1.252 orang dari 10 studi terpisah di Inggris. Mereka menganalisis kegiatan luar seperti berjalan, berkebun, bersepeda, me